Rabu

Penyebab Utama Terserang Penyakit Jantung

Penyebab Utama Terserang Penyakit Jantung

Ketahui penyebab utama terserang penyakit jantung agar anda bisa terhindar dari berbagai macam penyakit jantung yang sangat membahayakan bagi nyawa anda.

Penyebab Utama Terserang Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan penyakit yang sangat ditakuti oleh banyak masyarakat pasalnya penyakit ini bisa menyebabkan kematian pada penderitanya, penyakit jantung ini juga ada berbagai macam, dikutip dari merdeka.com ada 11 penyakit jantung yang bisa membahayakan bagi  keselamatan hidup anda :
  1. Penyakit Arteri Koroner atau lebih dikenal dengan penyakit jantung koroner
  2. Trachycardia
  3. Penyakit Otot Jantung 
  4. Penyakit Katup Jantung 
  5. Bradikardi 
  6. Gagal Jantung 
  7. Penyakit Jantung Bawaan 
  8. Gangguan Serebrovaskular 
  9. Angina
  10. Penyakit Jantung Rematik
  11.  Aterosklerosis
Penyebab dari penyakit jantung juga beragam bukan hanya pada satu aspek saja dan penderita jantung ini pada umumnya sering tidak menyadari bahwa mereka menderita penyakit jantung. Agar kita tidak terserang penyakit jantung sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu penyebab utama terserang penyakit jantung supaya kita bisa mengantisipasinya sejak dini, dilansir dari merdeka.com berikut adalah beberapa penyabab seseorang mengalami serangan jantung :
  • Tekanan darah tinggi
Musuh utama serangan jantung adalah tekanan darah tinggi. Setiap dua kasus kematian akibat serangan jantung karena tekanan darah tinggi. Bagi Anda yang menderita hipertensi sebaiknya mengontrol kesehatan jantung setidaknya tiga kali dalam setahun.
  • Kadar kolesterol tinggi
Kolesterol menjadi penyebab kedua untuk serangan jantung. Dalam kebanyakan kasus, kolesterol tinggi berkaitan erat dengan kemungkinan besar terjadinya serangan jantung. Kolesterol tinggi memicu pembentukan plak di pembuluh darah yang mengganggu pasokan darah normal untuk tubuh dan menyebabkan gagal jantung.
  • Usia dan jenis kelamin
Usia di atas 65 tahun mempunyai peluang besar untuk terkena penyakit jantung. Penyakit jantung sebagian besar menyerang pria daripada wanita.
  • Keturunan dan penyakit kronis
Seseorang yang mempunyai orang tua dengan riwayat penyakit jantung, maka ia memiliki peluang terkena penyakit serupa. Selain itu penyakit kronis seperti diabetes dan obesitas sangat potensial terserang penyakit jantung.
  • Gaya hidup
Gaya hidup yang tak teratur seperti merokok, minum alkohol, doyan dugem, tidak melakukan diet, tidur tidak teratur akan meningkatkan peluang serangan jantung.

Gaya hidup yang kurang sehat merupakan sumber dari berbagai penyakit, penyakit apapun itu faktor yang paling utama adalah karena gaya hidup yang dilakukan tidak benar terutama pada makanan yang menjadi asupan gizi untuk tubuh kita, selain beberapa penyebab diatas ada juga penyebab lain yang membuat seseorang menderita penyakit jantung yaitu karena makanan yang dikonsumsinya, berikut ini adalah makanan yang bisa memicu seseorang menderita penyakit jantung :
  1. Makanan yang pertama yaitu berbagai makanan olahan yang sering anda makan sehari-hari seperti aneka olahan keripik. Tidak ada salahnya mengkonsumsi aneka makanan olahan tersebut jika anda memakannya dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebihan. Karena jika berlebihan dapat berpotensi menyebabkan resiko penyakit jantung.
  2. Telur menjadi salah satu makanan yang berpotensi menjadi penyebab penyakit jantung terutama kuning telurnya. Namun jangan menjadikan anda alergi untuk memakan telur. Karena makan telur dalam jumlah yang cukup tidak akan membahayakan jantung anda tersebut atau denngan kata lain jangan berlebih dalam mengkonsumsi telur tersebut. Ini dkiarenakan memakan telur dalam jumlah berlebihan dapat meningkatkan jumlah kolesterol yang dapat meningkatkan resiko penyakit jantung.
  3. Makanan berikutnya yang berpotensi menyebabkan penyakit jantung tersebut yaitu garam. Dalam hal ini aneka makanan asin yang mungkin kita konsumsi setiap harinya tanpa pernah kita sadari dapat menyebabkan penyakit jantung tersebut, seperti aneka makanan ringan kemasan dan sayuran yang terlalu asin.
  4. Berbagai makanan yang mengandung lemak jenuh juga dapat berpotensi menjadi salah satu penyebab sakit jantung tersebut jika di konsumsi berlebihan. Berbagai makanan yang mengandung lemak jenuh antara lain daging merah, aneka produk susu, kelapa dan minyak sawit. Aneka makanan tersebut dapat menyebakan arteri pada organ jantung dapat mengeras dan menyempit.
  5. Makanan manis dapat juga berpotensi menjadi salah satu penyebab penyakit jantung jika di konsumsi secara berlebihan. Ini dikarenakan, makanan manis dapat menyebabkan penyakit diabetes yang mana merupakan faktor resiko penyakit pada organ jantung anda.
  6. Berbagai makanan yang dipanggang maupun makanan cepat saji juga berpotensi menjadi penyebab serangan jantung jika dikonsumsi secara berlebihan. Ini dikarenakan, makanan tersebut banyak mengandung lemak yang tidak baik untuk organ jantung anda.
Itulah sedikit informasi mengenai penyebab utama terserang penyakit jantung , dengan adanya informasi tersebut mudah mudahan kita bisa menghindari hal hal yang menyebabkan diri kita terserang penyakit. terus kunjungi situs ini agar bisa mendapatkan informasi mengenai kesehatan untuk tubuh anda. Semoga kita semua terhindar dari berbagai macam penyakit :)

Penyebab Utama Terserang Penyakit Jantung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar